Carica Dieng Rasanya Seenak namanya

Mau Carica Dieng Gratis ? Ikuti Layanan Paket Wisata Dieng Bersama Kami, Kamu Akan mendapatkan carica Dieng secara cuma-cuma.

Carica merupakan jenis tanaman yang hanya tumbuh di tiga negara yaitu Indonesia (Pegunungan Dieng) Rusia dan Argentina,penduduknya lokal menyebutnya sebagai gandul Dieng, bentuknya mirip pepaya akan tetapi daging buahnya lebihkenyal dan ukurannya lebih kecil.Panjang buahnya berkisar 7-15 cm, diameternya 3-8 cm.

Buah khas dataran Tinggi Dieng ini sekarang juga dijadikan syrup Carica< manisan carica dan selai dan selalu menjadi target oleh-oleh khas untuk keluarga tercinta dirumah , rasa carica ini memang seenak namanya, begitu terkenalnya Carica sampai-sampai banyak pihak dariluar provinsi yang mencoba untuk mengembangkan didaerah yang lokasinya hampir sama dengan Dieng dan ternyata sampai saat ini belum ada yang kemudian mengabarkan keberhasilan percobaan tersebut.

Dikawasan Dieng sendiri tanaman buah ini tidak bisa tumbuh dan berbuah disemua desa hanya ada dibeberapa desa yang posisinya paling tinggi, sperti parikesit, Patakbanteng ,Dieng, Sikunang, Sembungan, dan beberapa desa lain.

Carica yang sudah matang warnanya akan berubah menjadi hijau kekuningan dengan aroma yang khas. dan jika sudah benar-benar matang akan berwarna kuning menyala.dulunya banyak petani yang langsung memakannya diladang dengan cara mengupas kulitnya dan membuat bijinya, tanpa diolahpun carica yang sudah matang sangat enak rasanya.

Rasanya yang manis dan menyegarkan, Kandungan Vitamin A dan C yang tinggi ditambah serat yang cukup tinggi, menjadikan Carica sangat baik untuk kesehatan tubuh, bahkan dapat secara langsung memulihkan kondisi tubuh yangkurang fit.

Manisan carica menjadi salah satu produk unggulan Wonosobo yang dikembangkan oleh beberapa Home Industri di Wonosobo, baik yang ada disekitar desa Diengmaupun yangberada di sekitar Kabupaten Wonosobo, ketersediaan buah Carica untuk saat ini cukup banyak karena terus dibudidayakan oleh petani di kawasan Dieng.

Bagi yang ingin mencoba membuat sendiri, bisa juga membeli buah mentah dari sekitar Dieng dan mencobanya dirumah, caranya tidak terlalu sulit ,bahannya hanya buah carica yang sudah matang dan gula murni/ ravinasi. Pertama-tama, buah yang telah matang dikupas dan dipotong dengan ukuran kecil-kecil. Rebus air gula hingga mendidih, lalu masukkan buah Carica tadi ke dalam rebusan air gula. Setelah itu tunggu rebusan tersebut hingga dingin, untuk aroma khasnya diambil dari lendir yang menyelimuti biji carica yg berwarna hitam, aroma khas ini sebagai penguat rasa, apabila pengolahannya benar-benar higienis setelah dimasukkan kedalam botol dalam keadaan sangat panas maka buah ini mampu berahan sampai 1,5 tahun tanpa bahan pengawet apapun,

Selain dijual dalam botol kaca, manisan carica juga dijual dalam wadah mangkok plastik yang ditutup dengan sealer dan harganya bisa lebih murah dibanding dengan yang berada dalam botol kaca.Carica ini sangat enak dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan karena kandungan vitamin A dan C yang tinggi pula yang menjadikan Carica dipercaya dapat membuat kulit kita lebih halus,mau mencoba silahkan saja datang ke Dieng sekarang sudah banyak yang menjualnya disepanjang Jalan Dieng dan Di obyek wisata Dieng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s